BeKraf, Kembangkan Ekonomi Kreatif via Ekskul

 

BeKraf, Kembangkan Ekonomi Kreatif via Ekskul

 

Sekitar 80 % pelaku ekonomi kreatif di Indonesia adalah anak muda

Angka ini akan terus bertambah seiring dengan peluang dan keinginan generasi sekarang untuk menjadi seorang entrepreneur. Dan sekolah turut berperan aktif guna menggali potensi tersebut, salah satunya lewat ekstrakulikuler (ekskul).

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) Indonesia

Ricky Josep Pesik saat ditemui dalam acara Millineals Festival 2018 Part Bandung di Cihampelas Walk Bandung, Sabtu, 27 Oktober 2018. Ricky mengatakan, lewat ekskul yang ada di sekolah, siswa nantinya mampu mengetahui potensinya yang nanti bisa dikembangkan dalam proses ekonomi kreatif.

“Ekskul sangat membantu untuk menemukan minat dan bakat siswa. Itu salah satu fungsi dari lembaga pendidikan, memberi ruang bagi siswa untuk berkreasi. Tapi tentu tanpa melupakan kebutuhan dasar siswa di ranah pendidikan yang bersifat kognitif” ungkap Ricky.

Dia juga mengatakan, kreativitas muncul ketika anak dalam keadaan informal

baik ketika sedang bermain dan beraktivitas sosial. Dari sana, anak-anak terbentuk untuk menemukan ide-ide sepanjang pertumbuhannya. “Sekolah juga harus membina hal tersebut, harus memberikan ruang bagi siswa untuk ‘bermain’ dan bebas berekspresi. Dengan begitu, ide segar dari mereka akan muncul,” tuturnya.

Dia pun mengajak bagi seluruh generasi muda di Indonesia agar mulai berani melangkah di dunia ekonomi kreatif tanpa harus takut gagal. “Jangan takut gagal. Malah itu akan jadi pelajaran berharga bagi generasi muda yang sedang berusaha. Karena usaha yang berhasil adalah usaha yang pernah terus menerus gagal,” katanya.

Selain Ricky, acara yang dimoderatori oleh Ge Pamungkas ini juga menghadirkan CEO Nahproject.com, Rizky Arief dan Pelaku Industri Kreatif di bidang Gim, Deby Permata sebagai pembicara.

Projet Officer Millenials Festival

Novita Natalia menuturkan, lewat kegiatan ini generasi muda mampu untuk terus berkarya untuk masa depan Indonesia. “Kami ingin menyebarkan optimisme dan semangat kepada generasi milenial untuk terus berkarya dan memberi aksi nyata untuk masa depan Indonesia,” tutur Novita.

 

Sumber : https://pengajar.co.id/

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.