Peristiwa Sejarah Dunia yang Terjadi di Bulan Ramadan

bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di semua dunia. Kamu memahami ngga kenapa kurang lebih bulan Ramadan sanggup jadi special buat umat Muslim? Ganjaran pahala yang diberikan berkali lipat bagi siapa saja yang berbuat kebaikan di bulan Ramadan. Namun tahukah kamu, jikalau di bulan Ramadan terhitung dulu terjadi sebagian moment sejarah perlu di dunia? Salah satunya bahkan ada sejarah negara kita, Indonesia, lho. Coba cek yuk! Kira-kira kamu sudah memahami belum, Squad? Keep scrolling ya.

1. Proklamasi Kemerdekaan RI

selama ini kita memahami kalo Hari Proklamasi negara Indonesia terjadi pada 17 Agustus 1945. Tapi, kamu sudah memahami belum jikalau Hari Proklamasi kita ternyata bertepatan bersama bulan Ramadan, tepatnya pada 9 Ramadan 1334 H (Hijriyah)? Oh ya, Hijriyah ini merupakan kalender yang digunakan oleh umat Muslim.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI memperlihatkan bahwa, bulan Ramadan ternyata mempunyai makna spesifik bagi rakyat Indonesia ya, ngga hanya untuk umat Muslim di Indonesia. Ada hal menarik lainnya nih, Squad. Bung Karno ternyata meminta arahan berasal dari sebagian ulama dalam memersiapkan kemerdekaan. Tanggal 17 Agustus merupakan arahan yang diberikan oleh K. H Abdoel Moekti yang merupakan ulama Muhammadiyah.

2. Perebutan Sunda Kelapa

Selanjutnya, ada moment perebutan Sunda Kelapa yang saat ini kita kenal sebagai kota Jakarta nih, Squad. Peristiwa perebutan Sunda Kelapa ternyata bertepatan terhitung lho pada bulan Ramadan pas pada 22 Ramadan 933 H atau 22 Juni 1527 M oleh Fatahillah berasal dari kekuasaan Portugis. Fatahillah ini ialah panglima perang berasal dari Kerajaan Islam Demak. Pertempuran antara Portugis dan pasukan panglima Fatahillah pada kelanjutannya ditutup bersama kekalahan pasukan Portugis. Peristiwa ini lantas dirayakan sebagai hari jadi kota Jakarta.

3. Turunnya Al-Qur’an

Lanjut ke moment lainnya ya, Squad! Al-Qur’an yang merupakan kitab suci dan pedoman hidup umat Muslim diperkirakan turun pada malam Lailatul Qodr. Umat Muslim senantiasa mengingat hari istimewa dalam sejarah Islam ini. Al-Qur’an ini terhitung diturunkan secara berangsur-angsur hingga 23 tahun lamanya lho, Squad. Ayat Al-Qur’an yang diturunkan untuk pertama kalinya ialah Surat Al-Alaq ayat 1-5.

4. Penaklukan Andalusia (Spanyol)

Negara Spanyol ternyata mempunyai sejarah yang ada hubungannya serupa Islam lho, Squad. Ceritanya adalah kala abad ke-lima, Spanyol dipimpin oleh seorang raja yang berlaku tidak adil pada rakyatnya, bernama Rodriguez. Thariq bin Ziyaad yang memimpin pasukan Islam yang jumlahnya tidak lebih berasal dari 7000 pasukan melawan 100.000 pasukan Rodriguez, pada kelanjutannya sukses menaklukkan Andalusia pada 28 Ramadan 92 H bersama perang sepanjang 8 hari lamanya.

5. Fathul Makkah

Sudah dulu dengar moment yang satu ini, Squad? Nah, moment yang satu ini terjalin bersama pembebasan Mekkah berasal dari kekuasaan kaum Quraisy yang menyembah berhala pada sementara itu. Hubungan antara kaum Muslimin bersama kaum Quraisy memang tidak cukup seirama pada sementara itu. Hampir senantiasa terjadi peperangan antara ke dua pihak. Hari kala terjadi moment ini disebut Rasulullah sebagai hari kasih sayang dikarenakan tidak terjadi pertumpahan darah melainkan hanya perikaian kecil. Kaum Muslim bersihkan Ka’bah berasal dari berhala-berhala dan mengembalikan kesucian Ka’bah. www.biologi.co.id/

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.