Kemendikbud Selenggarakan “Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) 2018” Untuk Perkuat Nasionalisme – Sebagai di antara upaya menguatkan jiwa nasionalisme pelajar Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan acara “Gelar Karya Film Pelajar” (GKFP) 2018.

Acara puncak GKFP dilakukan tanggal 22-24 November 2018 di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Senayan Jakarta.

Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud (Pusbangfilm) Maman Wijaya mengatakan pekerjaan GKFP bertujuan menambah perkembangan film khususnya rekaan dan dokumenter, membina rasa cinta tanah air, peduli kebiasaan bangsa melewati media film.

Ia menambahkan, GKFP pun bertujuan mengembangkan nilai-nilai pembelajaran untuk masyarakat luas melewati film.

“Tahun lalu pekerjaan ini anda sebut Lomba Film Pelajar. Tahun ini anda beri nama Gelar Karya Film Pelajar supaya nuansa lomba berkurang, sebab tujuannya menanamkan jiwa nasionalisme,” kata Maman Wijaya dalam acara bareng media di Perpustakaan Kemendikbud Jakarta, Senin (19/11/2018).

Maman menambahkan, tahun ini peserta yang mengantarkan karya film sejumlah 314 siswa, meningkat dikomparasikan tahun sebelumnya. Dari 314 karya ini, melewati seleksi administrasi dan seleksi substansi bakal dipilih 12 finalis.

Selanjutnya tanggal 22 November 2018 bakal dipilih pulang dewan juri sejumlah 6 pemenang.

Kepala Pusbangfilm menuliskan Kemendikbud akan menyerahkan beasiswa S1 program studi perfilman guna juara 1 hingga juara 3.

“Di samping hadiahnya tersebut berupa dana yang memang telah diumumkan, pun ada penawaran beasiswa yang disediakan bila memang inginkan diambil,” kata Maman.

Salah satu juri GKFP 2018, Anggi Frisca mengapresiasi kreativitas semua pelajar yang telah mengantarkan karya filmnya. “Yang unik kan sebab ini pelajar ya, pelajar yang barangkali lebih murni secara gagasan tanpa beranggapan secara teknis. Teknisnya gimana bakal jadi nomor dua lah, jadi bagaimana menyaksikan konten atau ide-ide liarnya,” kata Anggi Frisca.

Salah satu pemenang lomba tahun sebelumnya juga muncul dalam acara tersebut. Taufik, di antara pemenang lomba karya film pelajar tahun 2017, bercita-cita para pemenang tahun ini dapat lebih baik dari tahun kemarin.

“Semoga ke depannya lebih baik lagi, tidak saja membuat filmnya namun lebih mengetahui isi filmnya itu,” tutup Taufik yang berangan-angan ingin menjadi sutradara tersebut.

Selengkapnya: bahasainggris.co.id

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.