Supaya sih kecil dapat belajar bernalar sedari dini, maka rancanglah berbagai kegiatan untuknya. Perhatikanlah dengan cermat tahap perkembangan kognitif anak. Apa Anda juga seperti Jenny yang cukup kesal bila Adri puteranya membuka-buka isi tas tangannya serta keluarkan semua benda yang ada di dalamnya? Akan tetapi tunggu dulu ya bund. Tidakah Anda tahu kenapa sih kecil lakukan itu semua? Jangan pernah remehkan anak ya, walaupun masih dini, tetapi pikirannya berproses.

Tips Asah Perkembangan Berpikir pada Balita

Tips Asah Perkembangan Berpikir pada Balita

Upaya sih kecil untuk asah kemampuan kognitifnya bisa jadi menjadikan Anda kesal sebab rumah jadi sangat berantakan atau pun Anda cemas sebab dia mengutak-atik benda yang berbahaya. Namun juga tidak perlu terburu-buru melarang sih kecil. Apa yang dilakukannya tersebut hanya untuk mengasah pikirannya, menjadikan dia lebih pintar.

Tips Asah Perkembangan Berpikir pada Balita

Belajar berpkir bersama orang di sekitar. Begitu anak Anda terlahir ke dunia, anak umumnya melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar. Pada saat dia menangi, bunda menghampiri untuk melihat apa popoknya basah, dan lalu menggantinya. Dari interaksi satu ini anak akan mulai memahami bahwasannya dia bisa lakukan sesuatu untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Walaupun  periode pacu tumbuh otak anak dimulai sejak usia 3 bulan dalam rahim bunda, akan tetapi setelah di terlahir, aktifitas berpikirnya adalah proses social. Jadi, anak belajar untuk berpikir bersama dengan orang di sekitarnya.

Kemampuan kognitif anak merupakan proses dari kegiatan akal budi untuk tahu sesuatu. Proses berpkir anak ini terjadi saat dia gembira, saat kenali wajah bunda dan ayahnya, atau pun saat dia bisa nuangkan apa yang dia lihat dalam dunia nyata ke dalam gambar. Dan yang jelas, dengan memahami cara manusia dalam bernalar, Anda bisa rancang kegiatan apa saja yang sekiranya sesuai bagi anak dan sesuai dengan usianya.

Beri anak rumah imajiner yang dibuat dari 2 kursi yang ditutupi dengan selimut. Sehingga nanti dia bisa berjam-jam habiskan waktu untuk bermain di dalam rumahnya itu. Selain hal tersebut, Anda juga dapat meminta kakak untuk mengajak adik bermain boneka tangan bersama-sama. Selain untuk latih imajinasi, keterampilan sih kecil pun juga akan berkembang dengan baik. Permainan pura-pura ini akan membantu sih kecil untuk menarik benang merah antara dirinya dan lingkungan social yang lebih luas lagi. Dan di kemudian harinya permainan tersebut akan membantu dia untuk berani berpikir dengan perspektif yang berbeda-beda lewat pengalamannya sehari-hari. Dunia sekitar masih jadi objek eksplorasi yang kaya bagi anak-anak.

Demikian tips asah perkembangan berpikir pada balita yang bisa kami informasikan untuk Anda semuanya. Semoga saja bisa bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.