Alam menciptakan hukum kontekstual yang masing – masing memiliki keterkaitan. Hal ini juga berlaku pada berbagai elemen kehidupan termasuk bagi pendidikan. Dalam dunia pendidikan tak hanya guru saja yang menjadi bagian dari elemennya. Atau tak hanya pengatur kurikulum saja yang menjadi komponennya.

Ada begitu banyak elemen atau komponen dalam dunia pendidikan. Masing – masing komponen saling terkait dan terkontribusi dengan baik. Tak ada satu saja elemen tersebut tentu saja keseimbangan pendidikan tidak akan berjalan dengan sangat baik. Hal ini sama halnya dengan konsep suatu perusahaan. Dalam dunia pendidikan juga ada yang namanya hubungan antara produsen dan konsumen. Produsen dan konsumen dalam dunia pendidikan tentu saja terkait erat dengan komponen penting dalam dunia pendidikan yang bersangkutan. Lantas apa saja komponen penting dalam dunia pendidikan yang kehadirannya bersinergi dan tidak boleh diremehkan?

Komponen Penting Dalam Dunia Pendidikan

Komponen Penting Dalam Dunia Pendidikan

Komponen Penting Dalam Dunia Pendidikan   

Kurikulum pengajaran dan pembelajaran

Kurikulum pengajaran dan pembelajaran ini menjadi salah satu aspek yang penting dalam pendidikan karena kurikulum ini menjadi dasar dan pedoman pengajaran bagi tenaga pendidik nantinya. Apa saja yang harus menjadi kualitas pengembangan pendidikan akan dijabarkan dalam kurikulum ini.

Hanya saja ada salah satu kekurangan dari kurikulum pendidikan di Indonesia yaitu hal – hal apa saja yang seharusnya diajarkan kepada murid cenderung mengutamakan segi kontekstual semata dan agak mengesampingkan pendidikan karakter. Padahal sebenarnya pendidikan karakter juga sangat penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan karakter juga akan menjadikan sebuah negara dapat kuat dari segi mental dan juga nilai – nilai yang harusnya tertanam didalamnya.

Tenaga pendidik

Guru memang menjadi elemen atau komponen yang sangat penting dalam konteks pendidikan. Guru tidak hanya sekedar memberikan pelajaran saja melainkan juga menjadi contoh dan teladan bagi seorang siswa. Karena itu tak hanya bertugas memberikan tugas saja sebenarnya akan tetapi guru juga punya tugas melakukan pengarahan, evaluasi, pengembangan mental dan harus menjadi motivator juga bagi peserta didiknya.

Peserta didik

Di zaman sekarang ini tak jarang kita mendengar guru yang mengatakan “Guru tidak butuh kalian, kita bisa digaji tanpa kalian”. Biasanya kalau ada murid yang bandel tak jarang guru berpendapat demikian.

Akan tetapi ini kurang tepat disampaikan kepada peserta didik karena terlalu kasar atau keras. Ada baiknya guru bersikap lebih lunak dari ini karena sadar atau tidak tanpa peserta didik  tak akan ada nilai yang disampaikan. Dan walaupun mendapat gaji tetapi tidak akan bisa mendapatkan tugas sebagai tenaga pendidik dan bukan guru namanya. Karena itu peserta didik juga sangat penting.

Dan yang terakhir adalah sarana prasarana pendidikan. Itulah sedikit informasi yang kali ini dapat kami sampaikan. Semoga informasi diatas tentang Komponen Penting Dalam Dunia Pendidikan bermanfaat. sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-surat-kuasa/

 

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.